Minggu, 06 Juni 2010

BIOAKTIVITAS BAKTERI PENGABSORPSI LOGAM BERAT TEMBAGA (Cu) YANG BERSIMBIOSIS DENGAN KARANG Goniastrea sp. DARI PERAIRAN JEPARA, JAWA TENGAH

Bayu Kreshna Aditya. K2D005224. Bioaktivitas Bakteri Pengabsorpsi Logam Berat Tembaga (Cu) yang Bersimbiosis dengan Karang Goniastrea sp. dari Perairan Jepara, Jawa Tengah. (Pembimbing : Agus Sabdono dan Ocky Karna Radjasa)

Logam berat tembaga (Cu) adalah salah satu logam berat esensial yang mencemari perairan laut Indonesia. Keberadaannya di laut salah satunya dipengaruhi oleh run off limbah perindustrian, yang kemudian mencemari dan mempengaruhi keseimbangan ekosistem di laut. Eksplorasi bakteri simbion karang yang memiliki aktivitas biosorpsi terhadap logam berat Cu merupakan tahapan awal dalam pemecahan masalah pencemaran.
Penelitian ini bertujuan mengisolasi serta mengidentifikasi secara molekuler bakteri simbion karang Goniastrea sp. yang memiliki aktivitas biosorpsi terhadap logam berat tembaga (Cu).
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2008 - Juli 2009. Pengambilan sampel dilakukan pada bulan September 2008 di Perairan Jepara. Isolasi bakteri, uji sensitivitas, uji biosorpsi serta Minimum Inhibitory Concentration (MIC) dilaksanakan pada bulan September 2008 - Maret 2009 di Laboratorium Terpadu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Semarang. Uji Atomic Absorption Spectophotometry (AAS) untuk uji biosorpsi dilakukan di Fakultas MIPA, Universitas Diponegoro. Uji Karakterisasi bakteri dilakukan di Laboratorium Bioteknologi BBPAP Jepara pada bulan April 2009. PCR bakteri dilakukan di Laboratorium Bioteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Sekuensing bakteri dilaksanakan di Laboratorium Bioteknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta pada bulan Juli 2009. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental laboratoris.
Hasil penelitian menunjukkan dari 26 isolat bakteri yang resisten terhadap logam berat Cu (tembaga), didapat satu isolat bakteri terbaik, yaitu GN10 yang menunjukkan aktivitas biosorpsi terhadap logam berat Cu sebesar 84,2% dari 5 mMol menjadi 0,79 mMol. Hasil Identifikasi menunjukkan Isolat GN 10 ini mempunyai homologi tertinggi sebesar 99 % terhadap Bacillus marismortui.


Kata kunci : Logam Berat Cu (tembaga)., Bakteri, Goniastrea sp., Biosorpsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar